You are here
Home > Motivasi > Arah Hidup Perjalanan Seorang Hamba

Arah Hidup Perjalanan Seorang Hamba

Hiruk pikuk dunia akan terus menerus berputar dan berjalan sesuai perkembangan kehidupan. Di belahan dunia manapun manusia yang tidak bergerak dalam kehidupan akan tertinggal. Tak mengenal muda ataupun tua, semuanya harus mengisi kehidupannya sebagai manusia yang menunjukkan fungsinya di dunia agar bisa menjadi seseorang yang bisa mengisi dunia ini dengan segala apapun yang diperbuatnya.

Fungsi hamba di dunia sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an adalah menjadi Khalifatullah. Dengan menjadi khalifatullah di dunia, manusia yang telah diberi akal, kemampuan dan potensi yang melimpah dalam dirinya harus bisa mengisi kehidupan dengan hal-hal terbaik.

menemukan-arah-kehidupan-3-728Sadar ataupun tidak sadar bekal yang diberikan Tuhan dalam diri semenjak lahir akan berkembang dengan sendirinya dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti lingkungan, pergaulan, jiwa, dan emosi dalam dirinya.

Seyogyanya seorang hamba tentu harus sadar dengan sesadar-sadarnya fungsinya itu di dunia ini, agar bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi dirinya lebih baik dan bermanfaat tidak cuma untuk diri sendiri tetapi juga orang lain, sesuai prinsip muamalah adalah ke-shalehan sosial lebih baik daripada ke-shalehan individu.

Dengan kesadaran itulah arah hidup seorang hamba dapat direncanakan sesuai kemampuan dalam dirinya, agar bisa berbuat apa dan melakukan apa, sehingga kehidupannya sebagai seorang hamba tak terombang-ambing dalam ke-glamoran dunia yang penuh dengan godaan dan ajakan untuk membuang-buang waktu yang tak ada manfaatnya bahkan bisa menjerumuskan kepada hal yang negatif.

Arah hidup seorang hamba kembali pada diri hamba itu, mau diarahkan dan dijalankan ke tujuan mana dia berjalan dalam meniti hidup dan kehidupan ini.

Leave a Reply

Top