You are here
Home > Bisnis > Bisnis Yang Beretika dan Berkualitas Diawali Dengan Kejujuran

Bisnis Yang Beretika dan Berkualitas Diawali Dengan Kejujuran

Manusia bisa memilih jalan atau jalur kehidupannya di dunia sebagai titian untuk menuju akhirat kelak. Ada pula yang menjadikan berbisnis menjadi sarana beribadah dalam mencukupi kehidupannya untuk menjadi bekal menuju akhirat.

Manusia yang mau berbisnis merupakan orang yang mendayagunakan akal dan kekuatannya dalam berusaha menjual sesuatu dan orang lain membelinya. Bisnis atau berjualan merupakan hal yang umum dan sudah terjadi berabad-abad dahulu, bahkan nabi pun termasuk pebisnis yang andal di zamannya.

Bisnis merupakan jalan kehidupan yang mulia selama dijalankan dengan kebaikan yang diawali dengan niat dan tindakan dalam berbisnis itu. Banyak orang tertolong karena dia menjual yang diperlukan orang lain, bukan cuma ingin mendapatkan keuntungan semata tapi nilai kebaikan harus tertanam dan diimplementasikan dalam berbisnis.

Bisnis apapun di dunia baik berjualan barang/produk bahkan jasa dengan tujuan kebaikan sangat mulia disisi manusia bahkan disisi Tuhan karena banyak yang tertolong dalam sisi kehidupan dari yang membuat produk, produsen, yang mendistribusikan, para agen, sampai ke pengecer semuanya merasakan manfaat dan menjadi mata pencaharian dan bagi pengecer atau pembeli terakhir menjadi manfaat yang sangat bernilai.

Adapun sekarang, bisnis yang berkembang begitu pesat kadang kala banyak dimanfaatkan menjadi keuntungan pribadi atau golongan bahkan menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memperdulikan barang/produk dan jasa yang dijual dari segi kualitas.

Pebisnis yang baik tentunya dalam menjalankan usahanya berpedoman pada etika berjualan dan menjual barang yang berkualitas agar para pembeli puas dengan barang yang dibelinya. Sedangkan pebisnis nakal biasanya melakukan hal curang dari etika berjualan bahkan tidak memperdulikan kualitas barang yang diperjualbelikan karena mereka cuma ingin keuntungan semata.

Dalam hal ini kejujuran merupakan sesuatu yang penting dalam berbisnis, katakan rusak jika rusak dan katakan baik jika baik terhadap barang dagangan yang diperjualbelikan.

Sikap jujur dalam berbisnis menjadikan seorang pebisnis menjadi terpercaya di mata konsumen atau pembeli karena dia menunjukkan kredibilitasnya sebagai penjual atau pebisnis yang jujur.

Bisa kita lihat dan saksikan pebisnis yang bisa bertahan lama dan konsumen loyal terhadap yang dijual oleh pedagang atau pebisnis adalah usaha yang menerapkan kejujuran dalam segala lini proses perdagangannya.

Beberapa pebisnis atau pengusaha baru yang merintis yang tidak sabar dan tidak tahan persaingan melakukan hal-hal yang tidak terpuji menjadikan usahanya gulung tikar padahal awalnya mendapatkan keuntungan yang banyak tapi konsumen sadar dari pebisnis yang tidak jujur sehingga usahanya menjadi bangkrut.

Menggali kejujuran dalam bisnis tidak bisa dalam waktu pendek, tetapi bisa dilihat dari ketahanan pengusaha atau pebisnis dalam menghadapi ujian dan tantangan dalam bisnis yang dijalankannya sampai bisa melaluinya dan menjadikan pelajaran berharga untuk bisa meningkatkan usahanya menjadi lebih besar.

 

 

Leave a Reply

Top