Inovasi Mengembangkan Kreatifitas Dalam Kehidupan

Sesuatu yang indah bisa muncul dari kreatifitas manusia dalam membuat dan melahirkan karyanya sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat. Seperti sepatu polos bisa dilukis tangan dengan kreatifitas menjadi karya yang indah dan bernilai ekonomis sehingga mempunyai nilai jual tinggi.

Kreatifitas hendaknya terus dikembangkan dalam kehidupan seseorang agar meningkatkan nilai kehidupannya, karena sikap kreatif merupakan anugerah Tuhan kepada manusia. Manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kreatifitas manusia itulah yang membuat nilai dirinya menjadi berharga dari orang lain.

Sikap kreatif muncul dari diri seseorang berdasarkan berbagai macam faktor seperti bawaan faktor keturunan, kebiasaan yang diasah menjadi keahlian, belajar terus menerus dan juga kesadaran bahwa mempunyai kelebihan dari orang lain sehingga memunculkan nilai-nilai kreatif dari dirinya sendiri yang berbeda dari orang lain.

Dalam kesadaran bahwa manusia mempunyai sikap kreatif yang berbeda-beda dari orang lain, akan melahirkan kreatifitas yang mempunyai ciri khas dalam mengolah, menciptakan dan menghasilkan karya karena muncul dari hati dan nilai karyanya memberi manfaat untuk dirinya bahkan orang lain. (Baca Juga : Membentuk Kepribadian Diri Yang Bernilai Manfaat)

Dalam berbagai bidang kehidupan seperti dunia bisnis memerlukan kreatifitas dalam mengembangkan bisnisnya itu agar tetap tumbuh dan kuat dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dalam zaman sekarang.

Kita bisa melihat pebisnis sekarang mengasah kreatifitasnya menggunakan teknologi dan media sosial dalam pemasaran sehingga lebih mudah dikenal dan memasarkannya pun sesuai dengan orang yang ter-target agar penjualan mereka meningkat.

kreatifKreatifitas dalam dunia bisnis yang menggunakan teknologi internet merupakan hal yang bisa kita rasakan tetapi mungkin kita tidak tahu mereka mengerjakan dengan tim kreatif yang solid sehingga saling mendukung seperti ada bagian desain grafisnya, marketing, customer service (CS), manajer dan bagian lainnya sama-sama memberikan sesuatu yang terbaik hingga ke pembeli atau customer puas dengan produk atau jasa yang diberikan kepada mereka.

Contoh di atas merupakan bagi pebisnis besar, tetapi menyadarkan kita bahwa ada bagian kreatif yang tidak cuma dikerjakan sendiri tetapi memerlukan tim dalam menghasilkan sesuatu yang diinginkan sehingga berdampak besar dalam bidang yang ditekuni.

Jika kita tak sadara bahwa kreatifitas seseorang bisa menurun karena tidak menyesuaikan dengan perkembangan zaman maka yang kita hasilkan pun akan berkurang karena nilai yang kita hasilnya menurun.

Diperlukan dorongan agar kreatifitas tetap berkembang dalam kehidupan seseorang, dorongan itulah yang disebut inovasi dalam kreatifitas. Dengan inovasi hasil kreatifitas akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman karena inovasi merupakan intuisi dalam melihat hal-hal yang perlu ditambah agar mempunyai nilai tinggi.

Inovasi mengembangkan kreatifitas dalam kehidupan seseorang, sehingga berdampak besar pula dari hasil kreatifitas tersebut. Hanya orang-orang yang mau berinovasi dalam menghasilkan sesuatu dengan kreatifitas dirinya yang bisa bertahan dalam kehidupan di bidang apapun saat ini.

Pebisnis yang awalnya dikenal kreatif sekalipun jika tidak bisa berinovasi bisa ditinggalkan pelanggannya, warung yang banyak langganannya pun bisa sepi dari pembelian jika tidak berinovasi dalam jualan di warungnya, pengusaha besar yang dikenal mempunyai relasi dalam bisnisnya bisa menurun penghasilannya jika tidak berinovasi dalam perkembangan bisnisnya. (Baca Juga : Empat Etika Bisnis Yang Menguatkan Bisnis Online)

Dalam inovasi inilah sebenarnya kreatifitas bagi seseorang ataupun dalam tim bisa berkembang terus menerus karena kesadaran kebutuhan orang lain dari hasil kreatifitas yang dibuat atau diolah tidak berdasarkan keinginan kita saja melainkan melihat dari sisi orang lain yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *