Introspeksi Akhir Tahun Agar Tahun Baru Lebih Baik

Tak terasa beberapa hari lagi kita yang sekarang tahun 2017 akan berada di tahun 2018. Apa saja yang sudah dilakukan di tahun 2017 ini??? Sudahkan target pencapaian terwujud?

Penulis menjawab pertanyaan tersebut dengan uraian karena agar bisa difahami secara luas. Manusia jika punya keinginan, berarti menggunakan akalnya untuk bisa mencapai dari keinginannya itu.

Dalam mencapai keinginan tentu saja harus dengan usaha dan kerja keras disertai keyakinan dengan tentu saja melibatkan Tuhan agar memudahkan jalan kita.

Tahun 2017 ini banyak yang sudah kita alami dan temui tentunya, ada target yang sudah tercapai dan tidak sedikit pula target meleset atau tidak kesampaian (bukan gagal ya….).

Yang sudah terjadi, harusnya tak perlu disesali berlebihan karena lebih baiknya kita melakukan perbaikan dan intorspeksi diri agar bisa menemukan kekurangan-kekurangan yang ada.

Jika dalam perusahaan, akhir bulan biasanya review berbagai department dianalisa agar bulan berikutnya bisa diperbaiki jika ada kekurangan. Begitupun kita sebagai manusia, walaupun kadang tidak bisa setiap bulan setidaknya moment akhir tahun ini bisa dijadikan titik memulai introspeksi diri.

Akhir tahun berarti sudah setahun kita melewati tahun ini dengan berbagai macam yang kita alami, rasakan dan pikirkan. Introspeksi bisa menjadi memunculkan kesadaran diri bahwa banyak sesuatu terbuang, banyak waktu yang hilang bahkan banyak target yang meleset dari perkiraan karena berbagai faktor yang tidak bisa diprediksi.

Introspeksi akhir tahun bisa memberikan diri semangat untuk bisa memperbaiki di tahun baru mendatang agar berbagai harapan, keinginan dan target bisa tercapai dan dikabulkan Yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*