Kesabaran Mendewasakan Diri Dalam Bertindak

Dalam kehidupan seringkali kita mengalami dan menghadapi berbagai hal yang memancing emosi untuk bertindak di luar kontrol. Jika hal itu terjadi kalau kita tidak bisa mengontrol diri justru akan memperkeruh situasi bahkan bisa menambah masalah.

Kata sabar dalam situasi emosi yang memuncak memang tidak semua orang bisa melakukannya. Sabar tidak cuma sekedar sebuah kata dalam menghadapi situasi yang pelik dan sulit tetapi juga sebagai sikap kontrol diri dalam menyikapi berbagai hal dalam permasalahan kehidupan di dunia ini.

Kesabaran dalam diri tidak bisa lahir dari seseorang yang terbiasa bertindak sesukanya, melainkan akan terlatih dan lahir dari seseorang yang berpikir untuk sesuatu kebaikan. Sabar dalam bertindak walaupun mampu dilakukannya merupakan contoh bahwa tidak semua yang kita lakukan harus dilakukan karena semestinya harus berpatokan apakah hal itu bermanfaat atau tidak.

Sering kali seseorang tidak bisa mengontrol dirinya dalam situasi sulit karena dirinya tidak menyadari hal yang dilakukannya bisa memperkeruh masalah. Dalam situasi apapun hendaknya kita bisa bersabar, hal itu menandari orang tersebut berpikir terlebih dahulu apakah melakukan sesuatu atau mencari alternatif solusi dalam sebuah permasalahan.

Kesabaran mendewasakan diri dalam bertindak dikarenakan langkah yang dilakukannya dengan cara cerdas, maksudnya dalam menghadapi sesuatu tidak mendahulukan emosi atau hawa nafsu dalam bertindak melainkan berpikir jernih terhadap sikap apa yang akan dilakukannya.

Tidak sedikit orang yang bersabar dalam bertindak tetapi tetap menjalankan kegiatannya menjadi lebih sukses karena mereka melakukan kontrol dalam setiap langkah yang dilakukannya sehingga terencana dan fokus pada tujuan.

Semoga kita lebih bersabar dalam bertindak walaupun terkadang situasi memancing emosi kita yang bisa membuat kita kehilangan kontrol diri. Ada kata mutiara yang kira-kira bunyinya seperti ini : “Sabar Pangkal Sukses”.

Jadikan sabar sebagai kekuatan diri dalam jalan untuk mencapai tujuan kita di masa depan agar hidup lebih membahagiakan dan menenangkan diri. Aamiin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*