You are here
Home > Inspirasi > Kesehatan Pikiran Menuju Kesuksesan

Kesehatan Pikiran Menuju Kesuksesan

Manusia di dunia ini ingin selalu melakukan yang disukainya dan merasakan yang disenanginya. Sesuatu hal yang lumrah, manusia ingin bebas dalam bertindak sesuai keinginannya. Tapi apa benar bisa sebebas-bebasnya???

Kebebasan dalam melakukan atau bertindak sesuai keinginan manusia, tentu tak bebas tapi ada aturan main dalam kehidupan yang membatasinya baik diketahuinya maupun tidak. Batasan disini bisa muncul secara alamiah dan ada juga campur tangan manusia di dalamnya.

Dalam tulisan ini, penulis (maksudnya yang tukang ketik nih :) he.he) ingin mengaitkan kebebasan manusia yang terkait kesehatan, pikiran dan kesuksesan. Koq ketiga kata itu bisa dihubungkan? Ikutin aja ulasan yang sangat sederhana dari seorang manusia yang masih mencari anugerah Yang Maha Kuasa (sedikit didramatisir tapi gak kayak sinetron lah :) xixixixixi) Yuk…disimak !!!

Sehat itu hal terindah dalam kehidupan manusia. Dengan sehat manusia bisa berbuat apa saja, bisa melakukan apa saja, bisa beraktivitas yang diinginkannya, bisa berinteraksi dengan orang lain secara aktif dan lain sebagainya. Nilai sebuah kesehatan tak bisa dinilai dengan uang, oleh karena itu kesehatan sangat penting dalam kehidupan.

shutterstock_83194927Pikiran tersimpan dalam akal, yang biasa orang sebut akal pikiran padahal pikiran itu muncul dari hasil olahan dalam otak. Pikiran merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa agar kita bisa bertindak dengan terukur, tidak salah dalam mengambil keputusan, membuat solusi, dan lain sebagainya yang merupakan hasil dari berpikir. Pikiran tiap orang berbeda-beda karena tergantung yang mengasahnya. Semakin pikiran diasah maka pikiran akan semakin cemerlang dalam menjalani kehidupan ini.

Kesuksesan merupakan hal yang paling diinginkan tiap orang di dunia ini. Sukses diartikan bermacam-macam oleh tiap orang tergantung situasi dan kondisi, tapi disini bisa kita persempit arti kesuksesan adalah sejauh mana dirinya dalam kehidupan memiliki nilai dalam bentuk kekayaan dan sesuatu yang dimilikinya dan itu bisa disebut dengan seseorang yang sukses.

Ketiga kata di atas yaitu kesehatan, pikiran dan kesuksesan, jika kita perhatikan dengan seksama memang tak terkait secara makna kata. Akan tetapi secara manusiawi jika memperhatikan ketiga kata tersebut akan tersadar bahwa itu terdapat dalam dirinya masing-masing. Siapakah orang itu, baik kaya atau miskin, orang berpendidikan atau tidak, bangsawan ataupun rakyat jelata fitrahnya dalam kehidupan yang dimulai dari lahirnya ke dunia akan terkait ke dalam ketiga kata tersebut.

Kesehatan manusia akan menjadi pendorong dirinya dalam mencapai sesuatu, dan pencapaian itu tentunya harus dilakukan perencanaan yang melibatkan pikirannya, setelah adanya perencanaan tentunya tujuan akhirnya harus tercapai dan itu menandai kesuksesannya.

Artinya, dengan sehat kita sebagai manusia akan memiliki pikiran yang terasah dan visioner dalam menentukan kehidupan yang akan dijalani bahkan yang akan datang dan setiap orang punya hak asasi mencapai kesuksesan sesuai dengan kemampuan dan usahanya.

Semakin sehat pikiran kita maka kesuksesan dalam proses pencapaiannya akan lebih terarah dan semakin mendekati kesuksesan sesuai rencana diawalnya. Jika pikiran sakit, tentunya akan menggangu perjalanan kesuksesan tiap orang.

Kesehatan pikiran manusia bukan berarti orang itu tidak mempunyai masalah, terkucil dalam masyarakat agar pikirannya tak terpengaruh dunia luar, bukan itu maksudnya. Tetapi yang dikehendaki dalam kesehatan pikiran adalah bagaimana seseorang menggunakan akalnya dalam situasi apapun yang dialaminya dengan jiwa yang tenang, sehingga pikiran ketika berpikir lebih terarah dan tak dipengaruhi oleh tekanan. Hal itu merupakan ciri pikirannya sehat.

Kita lihat bagaimana seorang pimpinan perusahaan besar bisa mengontrol perusahaannya padahal tanggung jawab dan pekerjaannya sangat berat karena dibebani mengurus perusahaan yang besar dan tentu akan terkait dengan manajemen dan pegawainya yang beraneka tingkah lakunya di perusahaan itu. Toh, ternyata banyak pimpinan perusahaan besar seperti itu bisa dengan nampak tenang dalam bersikap tetapi perusahaannya semakin maju. Itu pun juga menandakan orang tersebut memiliki kesehatan pikiran dan hal itu akan menghantarkan pada kesuksesan.

Leave a Reply

Top