You are here
Home > Inspirasi > Menatap Dunia Dengan Ilmu

Menatap Dunia Dengan Ilmu

Kita sejak kecil diajarkan oleh orang tua agar bisa mengetahui sesuatu. Tak cukup orang tua mengajarkannya, mereka lalu menyekolahkan kita sehingga bertambah pula pengetahuan yang kita ketahui.

Semakin banyak pengetahuan yang kita ketahui, seyogyanyalah kita semakin merasa banyaknya yang tidak kita ketahui di dunia ini. Karena kenyataannya yang kita ketahui itu cuma seperti satu butiran pasir di padang sahara, hal itu menyiratkan masih banyaknya pengetahuan yang masih belum diketahui.

Dengan mengetahui sesuatu berarti bertambah pula ilmu yang ada dalam diri kita. Pengetahuan dan ilmu erat kaitannya satu sama lain sehingga kadang orang menyamakan atau menyandingkannya bersamaan yaitu ilmu dan pengetahuan. Ilmu seperti kita ketahui bersama sesuatu yang bisa dipelajari ataupun muncul dengan sendiri (berupa ilham ditiap-tiap orang berbeda), sedangkan pengetahuan merupakan bentuk lain dari kata dasar tahu, yaitu yang sebelumnya di dalam pikirannya tidak ada menjadi ada dalam pikirannya (tahu atau mengetahui).

Jika dicermati lagi, ilmu dan pengetahuan sangat mirip dalam maknanya walaupun sebenarnya berbeda satu sama lain. Di sini penulis tidak memperpanjang tentang ilmu dan pengetahuan tapi lebih sedikit mengemukakan tentang pengetahuan karena sangat terkait dengan ilmu.

Orang yang berilmu di suatu wilayah bisa menandakan suatu kemajuan di daerah itu, orang berilmu akan mengembangkan ilmunya untuk kebaikan dan kemajuan. Makanya orang berilmu biasanya sangat dihormati karena bisa disebut sebagai cendekiawan.

Ada istilah yang biasa kita dengar atau kita lihat dalam tulisan-tulisan yaitu ilmu bermanfaat dan ilmu tidak bermanfaat. Sebenarnya yang namanya ilmu pasti ada manfaatnya, permasalahannya adalah apakah tepat dalam mengamalkannya atau tidak. Sebagai contoh ilmu mencuri kalau disalah gunakan maka disebut ilmu yang tidak bermanfaat karena merugikan atau berdampak negatif pada orang lain, sebaliknya jika penegak hukum mengatahui ilmu tentang mencuri maka ilmu tersebut sangat bermanfaat karena bisa mencegah pencurian ataupun juga bisa menangkap pelaku pencurian karena mereka mempunyai ilmu tersebut.

Dengan ilmu seseorang bisa mencapai tujuan, keinginan dan cita-citanya. Kita sekarang pun hidup di dunia ini dan merasakan berbagai hal kemudahan dan kemajuan karena pengembangan dalam ilmuĀ  dan pengetahuan.

Bagaimanakah dunia tanpa ilmu??? Manusia tentunya akan menjadi makhluk yang rendah dan sejajar dengan binatang, karena dengan ilmulah peradaban manusia berkembang dan menuju kemajuan hingga sekarang ini.

Sang Pencipta telah menciptakan manusia dengan desain yang indah dan dengan bekal yang cukup hingga jadilah kita sekarang ini. Ilmu di dunia bisa digali, bisa dipelajari, bisa dikembangkan dan diterapkan untuk kebaikan manusia itu sendiri. Kita mungkin tak bisa melihat semuanya di dunia ini, tapi dengan ilmu kita bisa menatap dunia.

Leave a Reply

Top