inovasi

Inovasi Menguatkan Diri Dalam Menghadapi Tantangan

Dalam peningkatan kualitas diri seseorang yang berdampak berkembangnya nilai dari kehidupannya tidak didapat dengan mudah seperti membalik telapak tangan.

Banyak hal yang dihadapi seseorang berupa ujian dan tantangan kehidupan yang harus bisa dilalui dengan kerja keras, tangisan bahkan kehilangan sesuatu yang berharga dalam kehidupannya.

Manusia memang cuma bisa berusaha dan berikhtiar serta berdoa agar setiap problematika kehidupannya bisa diselesaikan dengan solusi terbaik, mungkin tidak semua sesuai kehendak kita tapi yang perlu diyakini Tuhan akan memberi sesuatu yang terbaik buat hamba-Nya.

Setelah banyak mengalami ujian dan tantangan dalam kehidupan, seseorang tentu banyak mengambil pelajaran dan hikmah. Bekal pengalaman kehidupan inilah yang membuat seseorang tersadarkan ada potensi dalam diri untuk merubah bahkan mengembangkan diri lebih baik lagi.

Rahasia Tuhan terhadap ujian dan tantangan dalam kehidupan menjadikan seseorang lebih dewasa berpikir lalu bisa mengarahkan pikirannya kepada hal yang positif sehingga melahirkan inovasi dalam kehidupannya.

Inovasi tidak bisa lahir tanpa ada dorongan yang memunculkannya, bahkan orang yang sangat kreatif pun memerlukan pancingan terhadap sesuatu agar pikirannya bisa kreatif dalam mengembangkan berbagai hal.

inovasi hidup

Inovasi adalah potensi setiap manusia yang ada dalam diri seseorang sejak lahir dan muncul karena berbagai situasi, salah satunya karena pernah mengalami berbagai hal sehingga pikirannya merangsang diri untuk lebih kuat dalam situasi itu. (Baca juga : Inovasi Mengembangkan Kreatifitas Dalam Kehidupan)

Dalam dunia bisnis, inovasi bisa menjadi solusi untuk mengembangkan usahanya agar lebih berkembang. Tanpa inovasi bisnis akan jalan di tempat, dengan inovasi yang dulunya usahanya offline sekarang dipasarkan online sehingga lebih banyak tahu lalu mendapatkan banyak pula customer atau pelanggan.

Dalam dunia pendidikan, inovasi menjadi suatu cara alternatif bagaimana berbagai mata pelajaran diajarkan lebih menarik. Kalau dulu belajar harus betatap muka langsung antara guru dan murid, sekarang dengan adanya teknologi internet belajar tidak harus dalam satu tempat karena bisa live streaming.

Dalam dunia kuliner atau masak-memasak, inovasi menjadikan masakan tradisonal yang dianggap sederhana dan tidak semua orang tahu sekarang bisa dikembangkan dengan kreatifitas, dikenal orang banyak bahkan sampai dunia internasional dan juga memiliki jual nilai tinggi.

Dari sedikit contoh di atas terkait manfaat inovasi dalam berbagai bidang, kita akan lebih menyadari inovasi diperlukan dalam diri seseorang agar dirinya lebih berkembang dan tidak patah semangat jika mengalami kegagalan, justru disanalah pengalaman kehidupan akan membentuk diri agar diri semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangan dengan adanya inovasi dalam kehidupannya.

Inovasi menguatkan diri dalam menghadapi tantangan harus disadari sedini mungkin agar potensi dalam kehidupannya bisa lebih berkembang dan hasil kreatifitas dirinya bisa membuat kehidupan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*