Pengendalian Pikiran Agar Diri Lebih Terkontrol

Dalam kehidupan banyak yang kita lihat dan dengar sehingga secara tak sadar terkadang kita terpengaruh dari yang dilihat dan didengar itu.

Pengaruh dari luar terkadang baik untuk diri bahkan juga bisa menyebabkan kerugian bagi diri. Oleh karenanya diperlukan pertahanan diri untuk menyaring yang masuk dari luar agar tidak semuanya direspon.

Pengendalian diri sebagai pertahanan untuk memfilter atau menyaring pengaruh dari luar diri diperlukan karena akan mengontrol diri terhadap emosi.

Banyaknya terjadi kerusakan karena emosi tidak terkontrol karena kurangnya pengendalian diri terhadap yang dilihat dan didengar sehingga terjadi penyesalan. (Baca juga : Sinergi Pikiran dan Emosi Dalam Kehidupan)

Dengan terbiasa mengendalikan diri tentu saja pikirannya sudah terkontrol sehingga gerak geriknya pun bisa terlihat lebih tenang dalam menyikapi berbagai hal, merespon untuk internal dirinya lebih keras dan untuk eksternal dirinya lebih bijak.

Pengendalian pikiran agar diri lebih terkontrol diperlukan diri manusia agar hidup lebih mendamaikan karena emosinya terkendali dari pengaruh yang tidak baik. (Baca Juga : Mengontrol Tindakan Dalam Kehidupan)

Dalam pengendalian diri diawali dengan pengendalian pikiran, semakin terlatih mengendalikan diri suasana emosi dalam diri lebih bisa dikendalikan dan juga pikirannya terbiasa dengan berpikir positif sehingga lebih arif dalam menilai sesuatu. (Baca Juga : Pikiran Positif Membuat Hidup Lebih Panjang Dan Bahagia)

Semakin kontrol diri terlatih dalam pengendalian diri banyak manfaat untuk dirinya seperti lebih sehat tubuhnya, lebih tenang dalam berpikir, lebih damai jiwanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*