Memanfaatkan Momentum Tahun Baru Islam 1442 H. Agar Lebih Baik

Pada hari Kamis dalam penanggalan kalender masehi tanggal 20 Agustus 2020 bertepatan dengan Tahun Baru Islam yang ditandai dengan masuknya 1 Muharram 1442 H. ketika terbenamnya matahari Rabu tanggal 19 Agustus 2020.

Kalau penanggalan kalender masehi dimulai dari pukul 12 malam, berbeda dengan penanggalan hijriyah dimulai dari terbenamnya matahari di sore hari. Jadi tahun baru Islam mulai lebih cepat karena ketika masuk malam sudah masuk tahun baru, sedangkan penanggalan masehi harus menunggu tengah malam.

Tahun Baru Hijriyah

Dengan datangnya Tahun Baru Islam 1442 H. merupakan sebuah kegembiraan bagi umat Islam di seluruh dunia. Para ulama terdahulu mengajarkan kepada generasi berikutnya sebelum menyambut tahun baru Islam dan ketika memasuki tahun baru Islam agar berdo’a akhir tahun dan awal tahun sampai sekarang pun masih banyak mengamalkannya.

Dalam do’a akhir tahun mengandung makna agar dalam setahun yang sudah dijalani agar diampuni Tuhan segala dosa-dosa yang telah diperbuat dan do’a awal tahun bermohon kepada Tuhan agar dipelihara diri dari melakukan dosa-dosa

Pada tahun baru Islam 1442 H. tahun ini masih dalam suasana pandemi covid-19 jadi dalam menyambutnya pun terkesan sederhana dan tidak mengerahkan massa karena justru bisa berdampak negatif.

Dari sikap yang taat dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam menyambut Tahun Baru Islam 1442 H. umat Islam harusnya menjadikan pelajaran agar kedisiplinan dan ketaatan pada peraturan mengandung kebaikan tidak cuma untuk diri sendiri tetapi juga orang banyak.

Tahun Baru Islam

Memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam 1442 H. agar lebih baik terasa indah karena muncul dari kesadaran diri karena situasi dan kondisi sekarang memberikan pelajaran yang bermakna dengan kebaikan hidup akan tenang dan nyaman.

Semangat kehidupan pun bisa dibangun dengan adanya momentum tahun baru Islam 1442 H. ini yang mengajarkan kita agar bisa memanfaatkan peluang yang ada agar hidup terus berjalan, hidup adalah amanah jadi seyogyangnya diisi dengan kebaikan dan perkembangan diri yang baik agar lebih bermanfaat.

Semoga Kebaikan Selalu Menyertai Kita, Dapat Mencapai Yang Diinginkan, Hati Lebih Lapang & Tenang, Lebih Bermanfaat, Dimudahkan Dalam Segala Urusan, Selalu Dalam Ridha-Nya. Aamiin

By : naimkhan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*