Kebahagiaan Diri Tidak Selalu Sama Dengan Nilai Materi

Setiap makhluk hidup di dunia tentu saja menginginkan dan mengharapkan kebahagian dalam kehidupannya, tentu nilai kebahagiaan setiap orang tidak sama dan berbeda-beda.

Dalam kebahagiaan erat kaitannya dengan rasa hati yang nyaman sehingga pikirannya tenang menjalani kehidupan walaupun dalam melewati ujian kehidupan.

Umum diketahui bersama salah satu kebahagiaan adalah harus memiliki materi yang banyak, sehingga apapun yang diinginkan bisa dibeli dan dimilikinya. Jika berpatokan cuma dengan materi berarti cuma orang kaya dan berada saja yang bisa bahagia. It’s Wrong !!!

Tentu keliru jika berpatokan dengan materi dalam menilai kebahagiaan, karena banyak orang yang kaya tapi stress, banyak orang berada tapi rumahnya seperti di neraka dan lain sebagainya.

Kembali memahami kebahagiaan yang berkaitan dengan rasa hati yang nyaman, ketika hati nyaman apapun yang kita rasakan akan terasa indah dan menentramkan jiwa.

Kebahagiaan diri dalam diri seseorang tidak semua orang bisa merasakan apalagi jika kehidupannya berada dalam lingkungan keras dan lingkungan yang bebas. Semoga saudara kita yang berada dalam lingkungan itu bisa menerima pemahaman dalam takdir Tuhan yang baik agar bisa memilih arah kehidupan yang terbaik agar kebahagiaan pun bisa dirasakan dalam mengisi hidup di dunia ini.

Sungguh beruntunglah kita bisa diberikan nikmat untuk mengenyam pendidikan sehingga kita bisa berpikir dan memahami nilai kehidupan agar bisa berbahagia dengan apapun yang kita lakukan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang, antara lain pendidikan dan lingkungan (tempat tinggal dan tempat kerja). Dengan bisa menciptakan suasana yang mendamaikan diri maka dimanapun kita berada kebahagiaan bisa kita dapatkan.

Kebahagiaan diri tidak selalu sama dengan nilai materi, seperti bisa tidur dengan nyenyak, tidak ada hutang, pekerjaan selesai deadline, keluarga rukun, dan bisa menyelesaikan membaca buku yang disukai pun merupakan sebuah kebahagiaan yang terkait dengan rasa hati yang nyaman.

Karena kebahagiaan tidak bisa dinilai dengan materi, menciptakan kebahagiaan diri harus selalu dibuat dalam lingkungan diri agar kenyamana yang apa yang dilakukan akan berpengaruh dalam produktivitas seseorang dalam mengembangkan potensi dirinya.

Profesi apapun yang dilakukan dengan nyaman akan melahirkan hasil yang optimal dan melahirkan kepuasaan diri dan kebahagiaan dalam dirinya dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*