Hari Raya Idul Fitri Menjadi Motivasi Untuk Hidup Yang Lebih Baik

Selama satu bulan Ramadhan kita dilatih untuk beribadah dengan hanya mencari ridha-Nya, siang hari berpuasa dan malam hari dianjurkan untuk menghidupkannya dengan qiyamul lail.

Setelah Ramadhan digembleng satu bulan penuh untuk beribadah tibalah Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal, kebiasaan baik di bulan Ramadhan jangan sampai luntur karena cuma kegembriaan menyambut hari raya.

Nikmat yang diberikan Tuhan kepada orang yang bertakwa setelah berpuasa dan meningkatkan ibadah selama Ramadhan dengan tibanya Hari Raya Idul Fitri tentu akan berbeda dengan seorang hamba yang ibadahnya biasa-biasa saja selama Ramadhan.

Adanya perubahan yang terjadi setelah bulan Ramadhan yang dimulai dengan tibanya bulan Syawal dilanjutkan di bulan lainnya dengan adanya peningkatan kebaikan maupun ibadah lainnya merupakan nikmat seorang hamba karena mendapatkan ridha dari Tuhan untuk senang dan nyaman dalam beribadah.

Hari Raya Idul Fitri menjadi motivasi untuk hidup yang lebih baik karena dalam Ramadhan diri manusia dilatih untuk bisa menahan hawa nafsunya di siang hari dan mengisi selama Ramadhan dengan berbagai ibadah sesuai dengan kemampuannya.

Dengan adanya pembiasaan dalam beribadah, hati akan semakin dengan Tuhan dan dirinya pun termotivasi berbuat sesuatu yang terbaik dan hal yang baik dalam kehidupannya.

Hari Raya Idul Fitri pun menjadi momentum yang baik dalam menjalin silaturrahmi dan berkumpul dengan keluarga, saling memaafkan, dan berbagi kebaikan satu sama lain. (Baca juga : Momentum Hari Raya Idul Fitri Mempererat Silaturrahmi)

Yang merasakan kegembiraan dengan tibanya Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tentulah orang yang mengisi Ramadhan dengan siangnya berpuasa (bagi wanita yang berhalangan diganti di bulan lain) dan menghidupkan malam dengan qiyamul lail. (Baca juga : Kegembiraan Hari Raya Idul Fitri Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik)

Dalam kondisi sekarang yang belum normal dalam meng-ekspresikan kegembiraan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri agar tetap menjaga kesehatan, berbagi kebaikan dan saling mengingatkan dalam kebaikan untuk kebaikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*