Memaksimalkan Potensi Diri Dalam Menjalani Kehidupan

Setiap manusia memiliki perjalanan kehidupan yang berbeda-beda satu dengan yang lain bahkan orang kembar sekalipun pasti yang dijalaninya ada yang berbeda.

Dalam menjalani kehidupan ini tentu saja akan mengalami berbagai problematika kehidupan, bagi yang bisa melewatinya tentu akan semakin kuat dalam menjalani kehidupan dengan berbagai ujian dan tantangan dalam hidup yang dijalaninya.

Tuhan memberikan anugerah kepada manusia bisa hidup di dunia dengan segala berbagai macam problematikanya tentu membekali dalam diri manusia dengan potensi dalam dirinya sebagai solusi dalam menjalani kehidupannya.

Potensi dalam diri manusia tidak selalu disadari tetapi harus dimunculkan dengan berbagai macan proses seperti harus belajar, banyak melihat, banyak mengalami rentetan peristiwa yang menjadi pengalaman sehingga dalam dirinya tergerak untuk sadar apa yang bisa dilakukan.

Jika mulai sadar maka manusia akan berusaha menggerakkan dirinya bahwa dalam dirinya ada sesuatu yang harus dimanfaatkan dalam kehidupannya.

Potensi diri menjadi fitrah setiap manusia, oleh karenanya tidak mungkin ada yang sama persis satu dengan lainnya karena manusia ini dinamis dalam berpikir dan bertindak. (Baca Juga : Mengembangkan Potensi Diri Untuk Hidup Yang Lebih Bermanfaat)

potensi

Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang ada potensi bisa dikembangkan, seperti ada orang yang mahir coret-coret ternyata potensinya memiliki jiwa seni lukis dan ketika dikembangkan bisa menghasilkan hasil karya lukisan yang bernilai tinggi.

Ada seseorang suka membantu ibu-nya di dapur setelah mulai sadar ternyata potensi dalam bidang memasak, setelah dikembangkan bisa membuka usaha kuliner bahkan menjadi chief terkenal dengan ciri khas masakan yang dibuat.

Begitulah potensi tidak selalu langsung disadari tapi harus melewati proses yang panjang, walaupun adapula potensi yang akan berkembang setelah ditekuni dengan kesungguhan padahal awalnya tidak bisa seperti seseorang dalam profesi di dunia teknologi digital tidak mungkin langsung bisa tetapi diawali dengan belajar, mencoba, berlatih hingga mahir.

Profesi dalam dunia digital untuk sekarang siapapun bisa menggeluti dan terjun kesana asal bisa memaksimalkan potensi dalam dirinya karena orang yang sukses sekarang kebanyakan bukan berasal dari keterunan orang terpandang melainkan orang yang jeli melihat peluang dan sungguh-sungguh dalam keyakinannya untuk membuat perubahan yang lebih baik sesuai potensi dalam dirinya.

Memaksimalkan potensi diri dalam menjalani kehidupan menjadi bekal untuk hidup yang lebih indah, menentramkan dan banyak menebarkan kebaikan.

Ketika potensi diri sudah diarahkan kepada hal yang seharusnya atau dalam hal yang bermanfaat dan menebarkan kebaikan disanalah manusia menggunakan fitrah dalam dirinya sesuai tuntunan Tuhan dalam memanfaatkan anugerah potensi diri manusia.

3 comments

  1. I love the way you have concluded this article …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*