Mengontrol Tindakan Dalam Kehidupan

November 20, 2020
70
Views

Sering kali kita bersikap dengan emosi yang tidak terkontrol terhadap sesuatu padahal hal tersebut tidak memberi untuk kita bahkan tak ada manfaatnya direspon.

Kontrol diri terhadap berbagai sesuatu yang terjadi untuk saat ini nampaknya bisa mendorong seseorang tersulut emosi karena tidak memfilter atau menyaring informasi yang dilihat, didengar dan dibacanya.

Kecerdasan emosi sangat diperlukan dalam berbagai situasi terlebih menyangkut sesuatu yang mungkin kita sukai dan ada kecenderungan terhadap sesuatu tersebut.

Pemahaman dalam menyaring informasi agar jelas dan bisa difahami akan membuat situasi bisa terkontrol dan terkendali tetapi tentu saja tidak bisa semua orang bisa melakukannya.

Perlunya belajar menambah pengetahuan dan mengasah emosi terhadap sesuatu itu sangat perlu dipelajari dalam kontrol diri agar hidup yang dijalani tidak salah arah dan tidak membuat penyesalan yang sia-sia karena salah bertindak. (Baca juga : Sinergi Pikiran dan Emosi Dalam Kehidupan)

Mengontrol tindakan dalam kehidupan menunjukkan kepekaan diri dalam melihat situasi dan keadaan tanpa harus berbuat sesuatu yang salah karena emosi yang tidak terkendali.

Berpikir disertai respon dengan tindakan tepat diperlukan dalam menunjukkan kontrol diri yang tidak mempengaruhi emosi secara berlebihan tetapi justru dengan menunjukkan sikap yang baik dan tetap terlihat tenang.

Banyak orang sukses khususnya secara finansial sekarang karena mereka terlatih mengendalikan diri padahal dulunya kehidupan mereka jauh dari kata nyaman, makmur bahkan untuk makan pun harus berhemat. Tetapi jiwa yang optimis dan kontrol diri yang kuat memacu diri mereka melakukan perubahan dalam kehidupan sehingga bisa lebih baik dan terlihat sekarang.

Kebanyakan orang yang mengontrol tindakan mereka dalam kehidupan agar mereka tidak membuang waktu yang berharga pada hal yang tidak bermanfaat dan sia-sia. (baca juga : Memaksimalkan Potensi Diri Dalam Menjalani Kehidupan)

Kontrol diri sangat penting dalam pemanfaatan waktu agar lebih produktif pada hal yang bermanfaat untuk pengembangan diri dan proses pencapaian tujuan di masa depan.

Article Categories:
Inspirasi · Motivasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *