Peningkatan Kualitas Diri Dengan Mengembangkan Keterampilan

December 22, 2021
16
Views

Banyak yang terjadi dalam kehidupan seseorang yang bisa diambil pelajaran dan dipetik hikmahnya. Setiap kejadian merupakan takdir yang sudah dialaminya, sedangkan yang akan terjadi masih bisa diprediksi dengan pengetahuan dan analisa yang tepat.

Ketika seseorang ingin hidup lebih baik dengan diiringi kerja keras, mendisiplinkan diri, menambah pengetahuan dan hidup yang optimis maka bisa dianalisa kehidupannya akan lebih berbahagia, damai dan tentram.

Begitulah kehidupan jika digunakan dan dimanfaatkan ke arah yang tepat maka hidupnya lebih menyenangkan dan membahagiakan bagi dirinya sendiri bahkan lingkungan sekitar.

Tak semua orang bisa menjalani kehidupan dengan mulus, oleh karenanya sepantasnyalah harus sadar untuk meningkatkan diri dengan kualitas diri yang terbaik untuk hidup yang baik pula.

Kualitas diri seseorang tidak bisa dinilai dengan ukuran tetapi bisa terlihat dari manfaat yang diberikan dan dirasakan orang lain. Setiap orang punya potensi diri yang disebut dengan keterampilan dan hal ini menjadi keunikan diri masing-masing.

Keterampilan atau skill dalam diri manusia inilah yang harus dikembangkan untuk kehidupannya yang lebih baik. Pengetahuan menjadi pondasi dalam pengembangan keterampilan diri agar bisa terarah, oleh karena itu belajar merupakan cara yang sederhana tetapi sangat efektif dalam mengembangkan diri. (Baca juga : Ciptakan Peluang Dengan Mengembangkan Keterampilan Diri)

Dengan kesadaran pentingnya belajar maka kreativitas dalam diri seseorang untuk mengasah keterampilannya akan lebih baik. Ada yang suka memasak, suka mengolah kerajinan tangan dengan barang-barang dari kain atau dari kayu, suka tentang teknologi, suka berkebun atau hal lainnya.

Dari kesadaran dengan keterampilan yang dimiliki kehidupan seseorang akan berkembang dengan proses yang menjadikan dirinya lebih berkualitas dalam hal memanfaatkan kemampuan diri ke arah yang positif.

Peningkatan kualitas diri Dengan mengembangkan keterampilan memerlukan kesabaran dan ketekunan yang kuat. Dengan persaingan hidup di dunia kerja, pengembangan keterampilan menjadi solusi cerdas untuk memenuhi kesempatan berusaha menjadi pengusaha atau punya usaha sendiri.

Dengan sikap optimis dan berpikir positif keterampilan atau skill yang dimiliki menjadi lahan rezeki yang bisa memenuhi kebutuhan hidup seseorang dan keluarganya. (Baca juga : Optimis Melahirkan Pribadi Yang Berpikir Maju)

Banyak keterampilan yang bisa dipelajari dengan cara belajar otodidak dengan panduan yang tepat seperti lewat buku atau browsing di internet dan juga bisa dengan cara yang efisien belajar dari ahli di bidang keterampilan tertentu.

Dengan penguasaan keterampilan yang dimiliki, tentu dengan mudah membuka usaha atau menawarkan jasa dengan orang lain dengan media internet di marketplace ataupun media sosial.

Article Categories:
Inspirasi · Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *