Mengisi Ramadhan Dengan Amal Ibadah Yang Berkualitas

Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H dengan situasi dan kondisi yang mengharuskan kita lebih banyak di rumah sehingga Ramadhan tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kita harus fokus dengan mengisi ramadhan dengan amal ibadah yang berkualitas walaupun dilakukan di rumah agar mengindari mudharat diakibatkan wabah covid-19 yang melanda dunia sekarang ini.

Pada bulan Ramadhan diwajibkan bagi orang beriman untuk berpuasa sebagaimana firman Allah Q.S. Al-Baqarah : 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat di atas menegaskan yang dipanggil untuk berpuasa di bulan Ramadhan adalah orang yang beriman, dengan kesadaran itulah maka orang yang berpuasa akan menjaga dirinya dari hal-hal yang bisa membatalkan dan merusak puasanya.

Amal Ibadah Bulan Ramadhan

Setiap ada Ramadhan bisa dijadikan momen meluangkan waktu untuk meningkatkan ibadah dengan niat yang lurus untuk lebih berkualitas dalam setiap amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. (Baca juga : Memaknai Ramadhan Agar Lebih Bermakna)

Di bawah ini beberapa amal ibadah yang dilakukan dalam bulan Ramadhan:

1. Puasa

Puasa wajib dilakukan di siang hari dari terbit fajar mulai waktu subuh hingga waktu maghrib. Hanya Allah yang akan menilai dari puasa seorang hamba karena puasa Ramadhan hanya dilakukan orang yang terpanggil seabgai orang beriman.

2. Membaca Al-Qur’an

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Kitab Suci Al-Qur’an. Dengan membaca Al-Qur’an seorang hamba berarti memuliakan kalam Tuhan dan juga meningkatkan hubungannya dengan Allah karena orang yang membaca Al-Qur’an diibaratkan sedang kontak dengan Sang Pencipta.

3. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan dan tidak ada di malam-malam bulan lainnya. Setelah melaksanakan shalat tarawih diakhiri dengan shalat witir dengan bilangan ganjil (umumnya orang Indonesia 2 rakaat dan 1 rakaat dalam melaksanakan shalat witir).

4. Bersedekah

Dalam bulan Ramadhan sangat dianjurkan bersedekah, tidak harus dengan uang bisa dengan memberi kebutuhan pokok ataupun juga makanan untuk berbuka puasa atau sejenisnya yang bisa dimanfaatkan untuk dinikmati selama Ramadhan.

5. Memperbanyak Dzikir dan Shalawat

Kalau di bulan lain sudah terbiasa dengan membaca dzikir dan shalawat, maka pada bulan Ramadhan harus ditingkatkan karena Ramadhan adalah bulan mulia dan banyak memiliki keutamaan bagi orang-orang beriman yang beribadah di bulan Ramadhan.

Kelima amal ibadah di atas yang wajib cuma berpuasa, sedangkan sisanya adalah sunnah. Nilai pahala ibadah wajib dalam bulan Ramadhan berkali-kali lipat ganjarannya sedangkan ibadah sunnah diganjar dengan pahala ibadah wajib. (Baca juga : Mendulang Pahala di Bulan Ramadhan Yang Mulia)

Kesempatan untuk meraih nilai pahala dalam bulan Ramadhan salah satunya dengan meningkatkan kualitas ibadah dengan niat yang lurus dan ikhlas hanya mengharap keridhaan Allah SWT.

Mengisi ramadhan dengan amal ibadah yang berkualitas merupakan ikhtiar dalam mengharap keridhaan Allah dan juga mengharap balasan pahala yang dijanjikan Tuhan dengan nilai yang berlipat ganda.

Semoga amal ibadah kita dalam Ramadhan tahun ini diterima dan wabah covid-19 segera berakhir agar kehidupan kembali berjalan normal dan lebih baik lagi dari sebelumnya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*