Tindakan Harus Dilandasi Keoptimisan

Apapun yang kita lakukan itu berasal dari dorongan diri untuk berbuat dan bertindak sesuai yang kita inginkan, tetapi tentu saja yang kita lakukan harus mengandung sesuatu kebaikan.

Banyak pengaruh yang melatarbelakangi yang kita lakukan dalam kehidupan salah satunya pengaruh lingkungan dan juga pengetahuan yang kita miliki.

Adapun terkait pengaruh lingkungan yang mendorong kita melakukan sesuatu jika berkembang pada lingkungan baik tentu saja tindakan yang akan dilakukan akan baik, sebaliknya jika terbiasa dalam lingkungan kurang baik biasanya ada hal negatif yang akan dilakukan.

Pengaruh pengetahuan dalam mendorong melakukan sesuatu atau tindakan yang akan dilakukan untuk setiap pribadi seseorang akan berbeda-beda, karena pengetahuan ini tergantung dari pemahaman dan pengamalan terhadap pengetahuan yang diketahuinya.

Tentu saja pengetahuan bisa didapat dengan belajar secara formal maupun informal sehingga seseorang dalam melakukan sesuatu akan dilandasi dengan sesuatu yang diketahuinya bukan asal-asalan.

Dalam realita kehidupan sekarang banyak tindakan seseorang yang asal kerjakan atau lakukan sehingga hasil yang diharapkan pun jauh dari perkiraan.

Contoh dalam mencapai target sesuatu harusnya dimulai dengan persiapan dan perencanaan yang matang, diikuti dengan proses yang terukur sehingga hasil yang ingin dicapai bisa terwujud.

Begitulah kalau melakukan sesuatu dengan tindakan yang efektif karena pengetahuan memberikan dorongan berpikir dalam mencari solusi dalam setiap yang dilakukan dan hasilnya pun sesuai harapan.

Selanjutnya jika sudah terbiasa melatih tindakan dengan sesuatu pengetahuan maka akan rasa optimisme pun terbentuk karena sesuatu yang terukur bisa diatur. (Baca juga : Optimis Mencerminkan Kekuatan Diri Manusia)

Optimis harus ada dala setiap makhluk hidup terlebih pada diri manusia, dengan sikap optimislah kita bisa yakin sesuatu indah pada akhirnya sesuai dengan ikhtiar usaha yang dilakukan. (Baca juga : Membangun Sikap Positif Dalam Pengembangan Diri)

Tindakan harus dilandasi keoptimisan agar yang dilakukan lebih terukur dan bisa menjalani proses apapun dalam kehidupan dengan kesabaran hingga hasil yang diharapkan pun terwujud dengan rasa syukur.

Berbagai tindakan kita tidak selalu bisa menghasilkan sesuai harapan, tetapi jika kita optimis maka kekuatan diri akan membentengi diri kita dari hasil yang tidak sesuai harapan. Manusia wajib berusaha tapi hasil tetap berada dalam kekuasaan Yang Maha Kuasa.

Tindakan yang optimis memberikan kehidupan yang lebih mendorong pada nilai positif, menenangkan dan menentramkan pikiran karena sebenarnya melibatkan Tuhan dalam segala aspek kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*