Spirit Tahun Baru Islam Dalam Bersikap Optimis Dalam Kondisi Sekarang

August 20, 2021
78
Views

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H bertepatan dengan hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021 masih dalam kondisi pandemi covid 19 yang masih mengganggu tatanan kehidupan manusia, khusususnya di negara Indonesia.

Banyak yang merasa kebijakan dan keputusan pemerintah sangat bergesekan dengan kebutuhan masyarakat karena aktivitas sangat dibatasi sehingga kurang maksimal dalam mengais rezeki.

Keluhan dan kritikan tersebut sangat wajar, tetapi tentu saja pemerintah sebagai stake holder punya perhitungan sehingga kebijakan yang dikeluarkan tentu tidak bisa memuaskan semua pihak. Terlebih angka kematian akibat pandemi covid 19 ini termasuk masih tinggi.

Sebagai umat Islam bisa menahan diri dan tetap berbaik sangka kepada Yang Maha Kuasa dengan kejadian yang sedang diterjadi agar tetap berpikir positif dan optimis bisa melaluinya dengan baik.

Momentum tahun baru Islam setiap tahunnya diarahkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan pencapaian pun lebih besar agar hidup lebih mendamaikan karena dilakukan introspeksi sehingga kekurangan bisa diperbaiki.

Spirit Tahun Baru Islam dalam bersikap optimis dalam kondisi sekarang diperlukan agar bisa tetap berhusnudzan (baik sangka) dengan kebijakan ataupun keputusan pemerintah dalam menangani pandemi covid 19 sehingga bisa lebih terkendali.

Sebagai warga negara yang baik dan juga beragama ikut dalam membantu share (membagi) informasi yang valid dalam kondisi sekarang juga diperlukan, karena banyaknya segelintir orang memanfaatkan kecemasan orang untuk mengirimkan berita-berita hoax (bohong). Akibatnya harusnya masyarakat bisa menahan diri terpacu emosi sehingga melahirkan kehebohan yang tidak perlu.

Berpikir yang jernih sebagai spirit tahun baru Islam menunjukkan kita ingin menebarkan kebaikan walaupun diri masih banyak kekurangan, setidaknya kita ikut berpartisipasi dalam kebaikan sesuai dengan kemampuan. (Baca juga : Semangat Tahun Baru Islam Dalam Perubahan Diri Yang Lebih Baik)

Jika tidak tahu lebih baik diam, jika rasa janggal dicek kebenaran, share (bagikan) sesuatu yang bermanfaat dan tetap berbaik sangka dengan takdir Tuhan akan menjadikan kita menjadi pribadi manusia yang beragama dalam menebarkan kebaikan baik secara pasif maupun aktif.

Selamat Tahun Baru Islam 1443 H. Semoga kita negara kita terbebas dari pandemi covid 19 secara khusus dan dunia secara umum, menjadi orang yang lebih baik dan selalu dalam kebaikan. Aamiin

Article Categories:
Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *